Minggu, 08 Juni 2008

TRICK JITU MEMBASMI SEGALA MACAM VIRUS

Walau virus bukan lagi hal baru, tetapi bagi pendatang baru ke dalam dunia komputer virus bisa sangat memusingkan, bahkan bagi yang sudah berpengalaman. Virus bukanlah suatu bakteri atau sel seperti dalam Biologi, tetapi virus adalah sebuah program yang dirancang oleh seseorang programmer untuk tujuan merusak data-data atau disk. Virus dapat 'berkembang-biak' dari disk yang satu ke disk yang lain, dan itulah sebabnya disebut VIRUS. Saat ini sudah terdapat jutaan jenis virus, dan virus yang merusak data-data disebut dengan VIRUS MACRO.
Untuk membasmi Virus, maka Anda harus membeli perangkat lunak ANTI VIRUS sesuai dengan virus yang menyerang komputer Anda, kemudian menginstallnya ke dalam Windows Anda dan menjalankannya. Untuk virus macro, belilah Anti Virus macro. Microsoft Word 2003 sendiri dapat mendeteksi dan mencegah Virus Macro, jadi Anda tidak perlu khawatir, microsoft Word 2003 akan memberi peringatan jika data yang anda panggil mengandung Virus Macro.
Saat ini sudah cukup banyak perangkat lunak Anti Virus, tetapi perlu Anda ketahui bahwa tidak ada satu pun perangkat lunak Anti Virus yang dapat membasmi seluruh jenis virus. Dan bahkan banyak jenis virus yang tidak dapat dibasmi dengan perangkat lunak Anti Virus. juga perlu Anda ketahui bahwa virus yang ditujukan untuk MS-DOS juga berlaku untuk Windows, termasuk Windows XP. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk membeli beberapa jenis anti virus setidaknya sesuai dengan virus yang menyerang komputer anda.

Pada umumnya komputer terserang virus adalah akibat anda mengcopy file dari flashdisk orang lain ke dalam harddisk Anda. Juga sewaktu mengcopy file dari disket orang lain ke dalam harddisk Anda. Juga sewaktu mengcopy file (download) dari internet ke harddisk. Oleh karena itu sebelum Anda mengcopy file, perikasalah terlebih dahulu dengan program Anti Virus yang Anda miliki. Tetapi jangan langsung percaya bila program Anti Virus tersebut menyatakan flashdisk/disket tersebut bebas virus, karena banyak program anti virus tidak mengenali virus yang semakn hari semakin banyak bererdar di 'pasaran'. Dari hari ke hari jenis virus semakin bertambah dan semakin canggih, termasuk virus Internet.....

Oleh karena itu, satu-satunya jalan terbaik untuk membasmi virus adalah memformat ulang harddisk dan meng-install kembali Windows beserta seluruh perangkat lunaknya. Berikut cara yang paling ampuh dalam menangani virus, barangkali bisa anda ikuti :
  1. Partisi harddisk menjadi dua bagian (menjadi drive C dan D). Cara mempartisi harddisk bisa anda lihat pada “PARTISI HARDDISK”
  2. Windows beserta seluruh program pendukungnya install ke dalam drive C.
  3. Sedangkan drive D nanti digunakan untuk menyimpan data-data.
  4. Jika suatu saat komputer (Windows) Anda terserang virus, jangan tunggu lama-lama, langsung format harddisk bagian C (sedangkan harddisk D tidak perlu diformat, sebab itu hanya data-data saja). Dengan memformat ulang harddisk bagian C, maka seluruh prgram dan jenis virus yang ada dalam Windows Anda akan 'disikat' habis, selain itu harddisk Anda juga akan diperbaiki. Karena memformat ulang harddisk adalah juga memperbaiki hardddisk (memperbaiki sektor-sektor yang rusak). Jangan khawatir jika Anda sering-sering memformat harddisk. Cara memformat drive C bisa anda lihat pada “PARTISI HARDDISK” .
  5. Install-lah kembali Windows beserta seluruh program pendukungnya.

Itulah cara yang paling ampuh dalam menangani virus. Semua virus lenyap dari komputer anda sementara data-data Anda tetap aman, dan Anda tidak memerlukan program anti virus. Demikian dan semoga bermanfaat .......

Tidak ada komentar: